Risma, Pangesti Sukma (2025) Pengaruh brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar untuk kelangsungan perkembangan kognitif anak usia sekolah pada siswa kelas VI SD. Skripsi thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
![]() |
Text
3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
![]() |
Text
4. Surat Pernyataan Orisinilitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
![]() |
Text
5. Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
![]() |
Text
6. Abstrak.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Singkatan.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
12. BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
![]() |
Text
13. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
![]() |
Text
14. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
![]() |
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
![]() |
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
![]() |
Text
17. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
![]() |
Text
18. BAB 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
20. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21. Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
![]() |
Text
22. Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Konsentrasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan siswa, terutama pada anak usia sekolah dasar. Penurunan konsentrasi dapat berdampak negatif terhadap prestasi akademik dan perkembangan kognitif anak. Salah satu upaya meningkatkan konsentrasi adalah melalui Brain Gym, yaitu serangkaian gerakan sederhana untuk menstimulasi kerja otak Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasy experiment dengan rancangan one-group pretest-posttest. Sebanyak 52 siswa kelas VI diukur tingkat konsentrasinya sebelum dan sesudah intervensi Brain Gym menggunakan instrumen Grid Concentration Test (GCT). Hasil: Sebelum intervensi, sebagian besar siswa (55,8%) memiliki skor konsentrasi rendah, 21,2% sedang, 17,3% sangat rendah, 3,8% baik, dan 1,9% sangat baik. Setelah intervensi, terjadi peningkatan: 40,4% rendah, 36,5% sedang, 17,3% baik, dan 5,8% sangat baik. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,00 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor sebelum dan sesudah intervensi.. Kesimpulan: Brain Gym berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa dan berpotensi mendukung perkembangan kognitif anak usia sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Mohammad, Najib nidn4022026501 UNSPECIFIED Adin, Muafiro nidn4017127002 |
Additional Information: | 2SKR20250117 |
Uncontrolled Keywords: | Brain Gym, Konsentrasi Belajar, Perkembangan Kognitif |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Naila Sankrisza |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:01 |
URI: | http://repo.poltekkes-surabaya.ac.id/id/eprint/10590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |