Pengaruh expressive writing terhadap tingkat stres akademik pada siswa kelas 12 SMA

Fariskah, Lailiyah Maharani (2025) Pengaruh expressive writing terhadap tingkat stres akademik pada siswa kelas 12 SMA. Skripsi thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf] Text
2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf] Text
3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of 4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf] Text
4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf] Text
5. Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[thumbnail of 6. Abstrak.pdf] Text
6. Abstrak.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 8. Daftar Tabel.pdf] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 9. Daftar Gambar.pdf] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 10. Daftar Lampiran.pdf] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 11. Daftar Singkatan.pdf] Text
11. Daftar Singkatan.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of 13. BAB 2.pdf] Text
13. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of 14. BAB 3.pdf] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of 15. BAB 4.pdf] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of 17. BAB 6.pdf] Text
17. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of 18. BAB 7.pdf] Text
18. BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[thumbnail of 19. Daftar Pustaka.pdf] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 20. Lampiran.pdf] Text
20. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 21. Artikel.pdf] Text
21. Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of 22. Skripsi Lengkap.pdf] Text
22. Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Latar Belakang: Stres akademik merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh siswa kelas 12 SMA, terutama karena tekanan menghadapi ujian akhir dan persiapan masuk perguruan tinggi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi stres akademik adalah expressive writing, yaitu teknik menulis ekspresif yang membantu siswa mengungkapkan emosi dan pikiran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expressive writing terhadap tingkat stres akademik pada siswa kelas 12 SMA. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 106 siswa kelas 12 SMA yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (SMA Senopati) dan kelompok kontrol (SMA Hangtuah 2). Variabel independen dalam penelitian ini adalah expressive writing dan variabel dependenya adalah tingkat stres akademik siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) untuk mengukur tingkat stres akademik. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann- Whitney U dengan signifikasi α = 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan tingkat stres akademik pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi expressive writing (p-value = 0,03). Sementara itu, pada kelompok kontrol tidak terdapat perubahan signifikan (p-value = 0,838). Analisis Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p-value = 0,000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh expressive writing terbukti efektif dalam menurunkan tingkat stres akademik pada siswa kelas 12 SMA. Oleh karena itu, teknik ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi intervensi dalam mengurangi stres akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Jujuk, Proboningsih
nidn4018117002
UNSPECIFIED
Sri, Utami
nidn4014116702
Additional Information: 2SKR20250026
Uncontrolled Keywords: Expressive writing, stres akademik, siswa SMA, ESSA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Naila Sankrisza
Date Deposited: 02 Jul 2025 10:57
Last Modified: 02 Jul 2025 10:57
URI: http://repo.poltekkes-surabaya.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item