Pengaruh pelatihan pertolongan pertama choking pada early childhood metode roleplay terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu di wilayah kerja Puskesmas Ngagel Rejo

Erna, Riskyani (2025) Pengaruh pelatihan pertolongan pertama choking pada early childhood metode roleplay terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu di wilayah kerja Puskesmas Ngagel Rejo. Skripsi thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of 2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf] Text
2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf] Text
3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf] Text
4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 6. Abstrak.pdf] Text
6. Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8. Daftar Tabel.pdf] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 9. Daftar Gambar.pdf] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 10. Daftar Skema.pdf] Text
10. Daftar Skema.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 12. Bab 1.pdf] Text
12. Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of 13. Bab 2.pdf] Text
13. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of 14. Bab 3.pdf] Text
14. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of 15. Bab 4.pdf] Text
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[thumbnail of 16. Bab 5.pdf] Text
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of 17. Bab 6.pdf] Text
17. Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of 18. Bab 7.pdf] Text
18. Bab 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of 19. Daftar Pustaka.pdf] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 20. Lampiran.pdf] Text
20. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 21. Artikel.pdf] Text
21. Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of 22. Skripsi Lengkap.pdf] Text
22. Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama choking pada anak usia dini dapat meningkatkan risiko kesalahan penanganan dalam situasi darurat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pertolongan pertama choking pada early childhood metode roleplay terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu. Metode: Desain penelitian quasi-experiment dengan pre-post test with control group design. Sampel ibu yang memiliki anak usia 1–5 tahun berjumlah 60 menggunakan teknik simple random sampling terbagi menjadi dua kelompok. Variabel independen pertolongan pertama choking metode roleplay, variabel dependen pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penelitian kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan checklist untuk observasi keterampilan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney dengan α<0.05. Hasil: Terdapat pengaruh pelatihan metode roleplay terhadap pengetahuan dan keterampilan (p=0.000α<0.05). Sebelum intervensi setengahnya (50%) memiliki pengetahuan cukup serta hampir seluruhnya (93.4%) memiliki keterampilan kurang sedangkan setelah intervensi hampir seluruhnya (83.3%) memiliki pengetahuan baik dan seluruhnya (100%) memiliki keterampilan baik. Terdapat pengaruh pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan (p=0.000α<0.05) pada kelompok kontrol. Sebelum intervensi hampir setengahnya (46.7%) memiliki pengetahuan cukup serta hampir seluruhnya (93.4%) memiliki keterampilan kurang sedangkan setelah intervensi hampir setengahnya (43.3%) memiliki pengetahuan cukup dan sebagian besar (70%) memiliki keterampilan kurang. Terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan (p=0.000α<0.05) antara kelompok perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan memiliki nilai mean lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dibuktikan pengetahuan kelompok perlakuan dan kontrol masing-masing 39.75 dan 21.25. Sedangkan nilai mean keterampilan kelompok perlakuan dan kontrol masing-masing 49.50 dan 15.50. Kesimpulan: Pelatihan pertolongan pertama choking metode roleplay efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi kasus choking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributor
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Sri, Utami
nidn4014116702
UNSPECIFIED
Adin, Muafiro
nidn4017127002
Additional Information: 2SKR20250002
Uncontrolled Keywords: Choking, Roleplay, Pengetahuan, Keterampilan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: Nelly Rusdiana
Date Deposited: 30 Jun 2025 00:37
Last Modified: 30 Jun 2025 00:37
URI: http://repo.poltekkes-surabaya.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item