Arinda Oktavia, Rahmawati (2025) Analisis intensitas kebisingan dengan gangguan komunikasi dan gangguan pendengaran siswa SDN 1 Siwalankerto Surabaya tahun 2025. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
Text
3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
![]() |
Text
4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
6. Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
9, Daftar Gambar.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Singkatan dan Simbol.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
12. Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text
13. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
![]() |
Text
14. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
![]() |
Text
15. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
![]() |
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text
17. Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
![]() |
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
19. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20. Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
Abstract
Tingkat kebisingan di SDN 1 Siwalankerto Surabaya menunjukkan ruang kelas 5 berkategori tinggi (80,7 dB) dan ruang kelas 6 berkategori sedang (77,25 dB). Tingginya kebisingan disebabkan oleh lokasi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya dan rel kereta api. Kebisingan ini berpotensi mengganggu kesehatan, konsentrasi, serta proses belajar siswa, terutama melalui gangguan pendengaran dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara intensitas kebisingan dengan gangguan komunikasi dan gangguan pendengaran pada siswa. Penelitian jni menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross- sectional, melibatkan siswa kelas 5 dan 6 sebagai responden. Variabel bebas adalah tingkat kebisingan, sedangkan variabel terikat berupa gangguan komunikasi dan gangguan pendengaran siswa. Data diperoleh melalui pengukuran Sound Level Meter (SLM), kuesioner, dan pemeriksaan audiometri. Analisis dilakukan menggunakan uji Chi Square (α = 0,05). Hasil menunjukkan tingkat kebisingan di sekolah melebihi ambang batas. Sebanyak 21 siswa (53,9%) tidak mengalami gangguan komunikasi, sedangkan 18 siswa (46,1%) mengalaminya (p = 0,042). Pemeriksaan pendengaran menunjukkan 16 siswa (69,5%) dalam kategori normal hingga gangguan ringan, dan 7 siswa (30,5%) mengalami gangguan sedang hingga berat, dengan p = 0,003 (telinga kanan) dan p = 0,016 (telinga kiri). Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas kebisingan dengan gangguan komunikasi dan gangguan pendengaran siswa. Sekolah disarankan menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah dan memasang peredam suara untuk mengurangi dampak kebisingan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Khambali, Khambali nidn4003036201 UNSPECIFIED Putri Arida, Ipmawati UNSPECIFIED |
Additional Information: | 9KTI20250021 |
Uncontrolled Keywords: | Noise ; Hearing Disorders |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental > Environmental Engineering > Environmental Health |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Kesehatan Lingkungan > Program Studi DIII Sanitasi Surabaya |
Depositing User: | Nanik Indra Putri Sari |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:29 |
URI: | http://repo.poltekkes-surabaya.ac.id/id/eprint/10654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |