Yunita, Fatmawati (2025) Pengaruh terapi bermain parallel play menyusun puzzle terhadap kemampuan motorik halus pada siswa retardasi mental di SLB Negeri Sampang. Skripsi thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (763kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
![]() |
Text
3. Halaman Pengesahan Penguji.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
4. Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
![]() |
Text
5. Abstrak.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
6. Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Singkatan dan Simbol.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
12. Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
![]() |
Text
13. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
![]() |
Text
14. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
15. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
![]() |
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
Text
17. Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
![]() |
Text
18. Bab 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
![]() |
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
20. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
21. Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
![]() |
Text
22. Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Latar Belakang : Siswa retardasi mental sering mengalami keterlambatan dalam kemampuan motorik halus. Salah satu metode meningkatkan kemampuan motorik halus adalah terapi bermain parallel play menyusun puzzle. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi bermain parallel play menyusun puzzle terhadap kemampuan motorik halus siswa retardasi mental di SLB Negeri Sampang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Variabel dependen yaitu kemampuan motorik halus siswa retardasi mental, variabel independen yaitu terapi bermain parallel play menyusun puzzle. Pengukuran kemampuan motorik halus menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil : Kemampuan motorik halus siswa retardasi sebelum diberikan terapi bermain parallel play menyusun puzzle mental hampir setengahnya berada dalam kategori cukup (40%). Setelah intervensi sebagian besar berada dalam kategori baik (56,7%). Terdapat perbedaan kemampuan motorik halus sebelum dan setelah diberikan intervensi pada siswa retardasi mental dengan ρ = 0,001 (< 0,05). Kesimpulan dan Saran: Terapi bermain parallel play menyusun puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus siswa dengan retardasi mental. Oleh karena itu, sekolah dan orang tua disarankan rutin menerapkan terapi ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus siswa retardasi mental.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributor NIDN/NIDK UNSPECIFIED Aida, Novitasari nidn4001117201 UNSPECIFIED Adin, Muafiro nidn4017127002 |
Additional Information: | 2SKR20250012 |
Uncontrolled Keywords: | terapi bermain, parallel play, puzzle, motorik halus, retardasi mental |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Surabaya > Jurusan Keperawatan > Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | Naila Sankrisza |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:09 |
URI: | http://repo.poltekkes-surabaya.ac.id/id/eprint/10446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |